Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Punya Barang Branded Tapi Duit Tetap Hemat, Bisa Gak ?

Kok bisa hemat? Ok, kita mulai dari definisi barang ‘branded’. Adalah tas, sepatu, baju dengan merk-merk tertentu yang sudah dikenal luas. Mungkin tidak banyak dari kita yang peduli apa yang membuat merk tersebut menjadi dikenal. Apakah karena modelnya, kualitasnya, sejarahnya. 

Kalau karena modelnya, kalaupun modelnya berubah tapi merknya sama, mengapa orang tetap membelinya. Kalau karena kualitasnya, kalaupun misalnya kualitasnya jahitannya menurun tapi merknya sama, mengapa orang tetap memburunya.

Itulah mengapa barang KW1, KW2 atau Kwsuper-nya tetap dicari. Karena kekuatan merknya.  

Ya itulah merk, misterius. 

Sekarang kalau kita balik, dengan model yang dan kualitas yang sama tapi merknya kita ganti, apakah orang masih tetap akan memburunya?

Ah sudahlah, merk itu memang misterius. Tak perlu kita bahas panjang lebar.  

Baiklah, misalnya kita membutuhkan sebuah tas, punya 1 atau 2 tas sebenarnya cukup. Asalkan warnanya cukup netral untuk dipasangkan dengan warna baju apapun yang kita kenakan. Mungkin hitam, coklat atau biru donker. Kalaupun kita punya semua warna, kita takkan pernah sangat sering berganti-ganti tas  atau bahkan kamu suka memakainya bersamaan? Tidak mungkin dong yaa…

Saya lebih suka memiliki 1 atau 2 tas yang berkualitas baik (baca : branded). Kita ambil prasangka baik dulu bahwa barang yang berkualitas baik ini pasti akan lebih awet walaupun sering digunakan setiap hari. Saya membeli tas branded paling cepat setelah 2 tahun, itupun di momen-momen tertentu. Bayangkan kalau kita putuskan CD Dmembeli tas murah yang bisa jadi kualitasnya kurang baik. Mungkin harga tasnya Rp. 200 ribuan, tapi ganti 10 kali karena setiap 3 bulan tas tersebut rusak. Wah, kalau ditotal bisa mencapai Rp. 2 juta dong ya. Mungkin boleh dipertimbangkan untuk membeli 1 tas branded berkualitas baik.

Nah, jika kamu sudah ada di level tertentu. Mungkin kamu sudah tidak lagi peduli pada merk, melainkan fokus pada kualitas. Seringkali kamu akan temukan barang-barang bagus dengan harga yang lebih terjangkau.  Selamat mencoba.

Sebuah tulisan dari Ferra Trisiana, ST, FChFP, CFP